Sunday 21 July 2013

Makanan Jepang


http://www.overclockers.com.au/pix/image.php?id=y6e4w&f=1%27   
TAKOYAKI
      Pada postingan pertama ini Admin ingin berbagi pengetahuan kepada pembaca sekalian mengenai salah satu makanan khas jepang yang diakui oleh dunia karena kelezatan dan keunikan rasanya ini.


  Kalian pasti pernah mendengar istilah makanan Takoyaki ? Mungkin ada yang pernah melihatnya? Atau bahkan pernah merasakannya langsung?        
     Ya.. Takoyaki adalah salah satu makanan laut khas jepang berupa gurita yang sudah di potong potong kemudian di balut dengan tepung terigu dan diracik dengan bumbu spesial dan kemudian digoreng. Di Indonesia pun sudah banyak restoran yang memasukkan Takoyaki ke dalam daftar menu masakannya. 
      Seperti apa sih takoyaki ini ?  sampai sampai bisa terkenal di seluruh dunia bahkan seantero nusantara. Yups.. tanpa perlu panjang lebar, mari simak baik baik penjelasannya kawan !
 
     Takoyaki (たこ焼き) adalah makanan daerah asal Kansai,Jepang. Takoyaki biasanya berbentuk bola bola kecil dengan diameter 3-5 cm (seukuran bola tenis) yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya
Proses Penggorengan Takoyaki

Ciri Khas

Di Jepang, Takoyaki biasa dijual di pinggir jalan sebagai jajanan dan cemilan. Takoyaki biasanya dijual dalam bentuk set, satu set biasanya berisi 5 - 10 buah takoyaki dan disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik untuk dibawa pulang.

 

   Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi, tapi di Tokyo dimakan dengan menggunakan sumpit sekali pakai. Penjual takoyaki biasanya memberikan 2 batang tusuk gigi untuk satu orang, karena takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi bisa berputar-putar sewaktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut.
 


Macam  Macam Takoyaki
 
1. Original Takoyaki (Takoyaki Polos) 
tanpa saus, rasa kecap asin.



2. Takoyaki dengan saus / kecap
Permukaan dioles dengan saus ditambah mayones, aonori dan katsuobushi.
 

3. Akashiyaki (Tamagoyaki)
Penganan dari tepung terigu yang diencerkan dengan banyak telur ayam dan dashi, dihidangkan berjajar di atas piring serupa talenan dan dimakan dengan mencelupkannya kedalam sup berbahan dasar dashi.
 

Oke, Mungkin hanya itu sedikit penjelasan mengenai Takoyaki, Jika ada kesalahan, Admin mohon maaf.
Sekian dan Terima kasih telah berkunjung di blog ini.



No comments:

Post a Comment